Rabu, 22 Januari 2014

Dunia Unguenta Dalam Farmasi
 


Kata “ farmasi “ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bidang farmasi pastinya berkaitan dengan pembuatan / peracikan obat bahkan hasil dari faramasi itu sendiri pun sudah banyak beredar dan dirasakan bahkan menjadi kebutuhan sehari – hari mereka yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian mereka. Seperti odol, shampo, sabun, dan lai sebagainya. Karena bidang farmasi bukan hanya membuat obat – obatn untuk keperluan pengobatan saja tetapi juga untuk produk lain.
Dan kata farmasi itu sendiri adalah bidang / jurusan dimana proses pembuatan  dan peracikan obat dilaksanakan dan cara produksi di industri terjadi baik itu  industri obat tradisional maupun bukan.
Adapula cabang – cabang yang berhubungan dengan bidang farmasi, diantaranya adalah farmakognosi, farmakologi, ilmu resep, sinonim, IKM, UUK, teknologi farmasi, dan lain sebagainya.Misalnya saja pada ilmu rersep, salah satunya membahas tentang salep / unguenta. Salep / unguenta adalah sediaan setengah  padat ditujukan untuk pemakaian topical pada kulit atau selaput lendir. Salep juga ada beberapa macam menurut penggolonganya diantaranya adalah menurut konsistensinya, menurut efek terapinya, menurut dasarnya. Salah satu contohnya adalah salep sejuk, yang rentang gagal dalam pembuatannya.
Oleh karena itu bidang farmasi memberikan begitu banyak manfaat bagi kita semua salah stunya adlah dapat mengatasi, mencegah, mengobati penyaki danmenjaga kesehatan kita dan masyarakat sekitar kita.

2 komentar: