Rabu, 22 Januari 2014

Maze Itu Bernama Lab. Resep


Praktikum dasar yang harus dikuasai oleh orang yang akan mendalami ilmu farmasi adalah meracik obat sesuai perintah dokter pada resep sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk itu, pada umumnya institusi pendidikan farmasi, dalam hal ini sekolah farmasi, dilengkapi Laboratorium Resep sebagai tempat untuk melaksanakan praktikum Ilmu Resep.
Pada umumnya, Laboratorium Resep (untuk selanjutnya akan disebut Lab. Resep) adalah ruangn yang cukup besar untuk memuat beberapa meja kerja, rak bahan, bak cuci, dan meja serba guna yang cukup panjang untuk menyimpan beberapa benda.pada meja kerja dilengkapi masing-masing oleh satu alat timbangan. Setiap akan digunakan, alat timbangan tersebut harus disetarakan lebih dulu. Adapun cara menyetarakannya adalah sebagai berikut:
·         Setarakan posisi antara anting dengan alas anting (bandul yang digantung tali). Jika belum setara, putar knop di bagian bawah timbangan.
·         Periksa apakah posisi pisau (alat seperti jarum di atas anting) sudah tegak lurus. Jika sudah, putar knop yang berhadapan dengan kita ke kanan, lihat apakah piring timbangn sudah seimbang atau belum.
·         Jika belum setara, putar mur di atas masing-masing piringan ke kanan atau ke kiri untuk memperingan atau memperberat.
Selain alat timbangan, ada satu alat yang dinamakan tangas air. Fungsi alat ini adalah meleburkan zat padat yang bersifat lilin dan lemak agar mencair, menguapkan zat cair agar menjadi kental, dan sebagainya. Cara kerja alat ini adalah mendidihkan air di dalamnya untuk menghasilkan uap panas yang keluar lewat lubang di bagian atas alat, dimana bahan yang akan dilebur atau diuapkan diletakkan dalam cawan penguap.
Lab. Resep harus selalu dijaga kebersihannya agar bahan praktikum yang disimpan di rak bahan tidak terkontaminasi debu dan mikroba. Untuk menjaga kebersihannya, praktikan (orang yang akan melakukan praktikum) sedianya menggunakan pakaian yang besih dirangkap oleh jas laboratorium dan sepatu khusus laboratorium.
Pambauatn setiap jenis sediaan berbeda satu sama lain. Untuk itu alat yang digunakan juga berbeda, tergantung pada sediaan apa yang akan dibuat. Terlepas dari itu, sediaan satu dan yang lainnya memiliki keterkaitan, sehingga diperlukan pemahaman dasar yang menyeluruh tentang farmasi, khususnya meneganai Laboratorium Resepnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar